PAKASAM MAHANG

Pakasam adalah sejenis ikan sungai yang di fermentasi secara unik, lewat tradisi pengawetan makanan secara alami menggunakan garam dan beras yang di sangrai. Cita rasa kuliner yang mewakili kearifan lokal banua.

Keunikan pakasam ada pada cita rasanya yang gurih dan krenyesnya butiran bumbu beras yang mampu membuat rendra selera makan naik drastis bagi peminat kuliner ini.

Bahan-bahan :

  1. Iwak sapat/iwak papuyu/Iwak gabus(haruan)
  2. Garam non yodium
  3. Beras yang disangrai(samu)

Cara Membuat :

  • iwak sapat atau papuyu yang sudah dibersihkan diberi garam non yodium atau istilah lokalnya dipaja kurang lebih 1-3 hari lalu dimasukkan dalam wadah tertentu biasanya orang di kampung menyebutnya gumbang.
  • Iwak paja yang sudah disimpan kurang lebih 1-3 hari d rendam dengan air bersih untuk mengurangi rasa asin dari garamnya kurang lebih 15-30 menit kemudian ditiriskan
  • Siapkan tempat seperti gadur atau toples besar bisa juga ember. Taburi beras sangrai di gadur terlebih dahulu lalu susun ikan sapat satu persatu tiap lapisan susunan, taburi beras sangrai dan siram dengan air bersih untuk membuat fermentasinya terjadi.
  • Tunggu 1-2 hari pakasam siap dimasak dan disajikan bisa digoreng dan di pepes campur telor dibungkus daun pisang. Lezat

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PAKASAM MAHANG"

  1. Mantap... resep pakasam y kk uln ini🤗🤗
    Ciri khas lauk y orang banjar kalimantan selatan

    ReplyDelete
  2. Hasil unjunan abahnya

    ReplyDelete